PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG
Alfa Nur Octaviana, 1401411418 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPS merupakan perwujudan dari satu pendekatan interdisipliner dari pelajaran ilmu-ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial (Sosiologi, Antropologi Budaya, Sejarah, Psikologi Sosial, Geografi, Ekonomi, Politik, dan Ekologi). Melalui mata pelajaran IPS, anak diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Berdasarkan refleksi antara peneliti dengan kolaborator kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang bahwa pembelajaran IPS masih dilaksanakan dengan cara yang konvensional. Hal ini dikarenakan guru cenderung kurang optimal dalam memanfaatkan sumber-sumber belajar dan kurang mengembangkan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk terlibat aktif. Media yang digunakan guru juga kurang variatif dan kurang menarik. Dari 48 siswa hanya ada 12 siswa (25%) yang mendapatkan nilai di atas KKM (70). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah model Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang pada mata pelajaran IPS. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklus.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan guru siklus I skor 21 (baik), siklus II skor 25 (baik) dan siklus III skor 30 (sangat baik); (2) aktivitas siswa siklus I rata-rata skor 22,48 (baik), siklus II 27,47 (sangat baik) dan siklus III 28,79 (sangat baik); (3)persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I 35,42%, siklus II 62,79% dan silkus III 81,25%. (4)Afektif siswa siklus I skor 9,54 (cukup), siklus II skor 10,26 (baik) dan siklus III skor 12,70 (baik). (5)Psikomotor siswa siklus I skor 7,38 (cukup), siklus II skor 7,63 (baik) dan siklus III skor 9,75 (baik). ix Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru hendaknya menggunakan model dan media dalam pembelajaran. Salah satunya dengan model Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media grafis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran, Model team assisted individualization, Media grafis |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 13:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 13:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20531 |
Actions (login required)
View Item |