KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENILAIAN TES SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS-VIII


Nurrul Fahimah, 4101411171 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENILAIAN TES SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS-VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411171-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan fokus dalam pembelajaran matematika karena dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Namun demikian, fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Guided Discovery Learningdengan penilaian tes superitem terhadap hasil belajar siswa kelas VIIISMP Negeri 30 Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015sebanyak 95 siswa. Dua kelas secara acak diambil dari populasinya, kemudian dijadikan sebagai sampel. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran guided discovery learningdan siswa kelas VIII E sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran direct instruction. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Analisis hasil tes hasil belajar menggunakan uji t dan uji proporsi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran guided discovery learningmencapai ketuntasan secara klasikal; (2) aktivitas siswamencapai waktu ideal; (3) aktivitas guru mencapai waktu ideal; (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai minimal baik; (5) respon positif siswa terhadap pembelajaran guided discovery learning lebih dari atau sama dengan 80%;(6) rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran guided discovery learninglebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran direct instruction.Saran dari penelitian ini adalah guru lebih mengantisipasi dengan membawa alat dan bahan atau dengan memberikan penguatan kepada anak agar lebih termotivasi untuk mematuhi intruksi yang guru berikan,karena masih terdapat kelompok siswa yang lalai dalam membawa alat dan bahan yang telah guru intruksikandan kurangnya antusias siswa dalam menjawab angket respon siswa yang guru berikan di akhir pembelajaran, sehingga disarankan agar guru memperhatikan faktor situasi dan kondisi dalam pemberian angket respon siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, Guided Discovery Learning, Superitem, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:16
Last Modified: 10 Nov 2015 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item