PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN WATES 01 SEMARANG


Aziz Permana, 1401411414 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN WATES 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411414-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Permendiknas No. 22 Tahun 2006, PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanat kan oleh Pancasila dan UUD 1945. Hasil observasi di kelas IVA SDN Wates 01 Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn pada standar kompetensi mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat antara lain penggunaan model dan media pembelajaran belum optimal, aktivitas siswa dalam pembelajaran belum optimal sehingga berdampak 20 siswa (55,56%) belum tuntas KKM y ang ditetapkan (60), maka perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran PKn yaitu melalui model teams games tournaments (TGT) berbantu media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model teams games tournaments (TGT) berbantu media audiovisual pada siswa kelas I VA SDN Wates 01 Semarang? ”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model teams games tournaments (TGT) berbantu media audiovisual pada siswa kelas IVA SDN Wates 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes berupa observasi, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi untuk mengetahui keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Teknik analisis data terdiri atas analisis data kualitatif, dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I , II , dan III memperoleh skor 42 (sangat baik), 45 (sangat baik), dan 47 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I , II, dan III memperoleh skor 28,65 (baik), 36,31 (baik), dan 38,32 (sangat baik). Ketuntasan klasikal siklus I , II , dan III sebesar 61,11%, 69,44%, dan 91,67% dengan rata-rata siklus I , II , dan III sebesar 65,24, 72,98, dan 82,6. Simpulan penelitian ini adalah model teams games tournaments (TGT) berbantu media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas IVA SDN Wates 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, model TGT , Media Audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:17
Last Modified: 10 Nov 2015 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item