KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE DIBANDINGKAN DENGAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII MTs N Petarukan)

Nizamudin Aulia, 1102408008 (2014) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE DIBANDINGKAN DENGAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII MTs N Petarukan). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Pemanfaatan komputer dalam pendidikan telah sangat luas dan menjangkau berbagai kepentingan. Terutama dalam pemanfaatan kegiatan belajar disekolah, dimana guru harus menguasi komputer dan dapat mengembangkan sebuah media pembelajaran. Disekolah MTs N Petarukan yang sudah memiliki pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas serta membuka kelas Unggulan dan Reguler. Masalahnya dalam kegiatan belajar, guru masih menggunakan metode ceramah dibantu dengan slide power point dan LKS. Padahal guru dituntut untuk dapat mengembangkan media pembelajaran serta memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas mengajar seorang guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana keefektifan dan perbedaan multimedia pembelajaran interaktif model Drill and Practice dibandingkan dengan modul pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran TIK pada kelas VII MTs N Petarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi Eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII A untuk kelas eksperimen dan kelas VII B untuk kelas control, dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan model analisis deskriptif dan analisis hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat kefeektifan dan perbedaan antara multimedia pembelajaran interaktif model drill and practice dengan modul pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran TIK pada kelas VII MTs N Petarukan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan (α) = 0,01. Hasil uji-t pihak kanan untuk hasil belajar diperoleh thitung = 7,327 dan ttabel = 2,377. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran interaktif model drill and practice dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran TIK pada kelas VII dibandingkan dengan modul pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Drill and Practice, Multimedia Interaktif, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: moh roziq bahtiar
    Date Deposited: 10 Nov 2015 08:27
    Last Modified: 10 Nov 2015 08:27

    Actions (login required)

    View Item