KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS III SDN GROGOLBENINGSARI KABUPATEN KEBUMEN


Ziadati Fadilah, 1401411413 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS III SDN GROGOLBENINGSARI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411413-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang alam dan segala isinya. Materi dalam mata pelajaran IPA sangat luas dan mencakup banyak hal yang berhubungan langsung dengan kehidupan siswa. Namun guru dalam pembelajaran IPA masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan siswa mudah bosan dan hasil belajar IPA yang diperoleh tidak optimal. Oleh karena itu, guru perlu melakukan upaya agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat melibatkan siswa secara aktif dan hasil belajar yang diperoleh siswa lebih baik. Model pembelajaran Talking Stick termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif, yang dapat melatih siswa untuk berbicara atau mengemukakan pendapat, dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Talking Stick terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas III SD Negeri Grogolbeningsari. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Grogolbeningsari Kabupaten Kebumen yang berjumlah 57 siswa, yang terdiri dari 25 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh sehingga seluruh siswa dijadikan sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Untuk menguji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menggunakan Independent Samples t Test, diperoleh data t hitung 2,114 dan t tabel 2,004. Hasil pengujian menunjukkan t hitung > ttabel (2,114 > 2,004). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas III SD Negeri Grogolbeningsari antara yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick dan yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Uji keefektifan model menunjukkan t hitung 3,036 dan t tabel 2,064. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > ttabel (3,036 > 2,064). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick efektif dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas III SD Negeri Grogolbeningsari Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model Talking Stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:10
Last Modified: 10 Nov 2015 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item View Item