PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Fitri Sukmani Fratiwi, 3101411009 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101410098-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dengan metode role playing terhadap hasil belajar sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang berjumlah 108 siswa. Sampel penelitian menggunakan kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 85,96 dan kelas kontrol yaitu 73,43. Hasil uji hipotesis nilai post test diperoleh harga thitung (6,864) > ttabel (1,67), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi sederhana diperoleh Ŷ = 3,928+1,062X, nilai rhitung = 0,8324, dengan α = 5% dan N = 28, diperoleh nilai rtabel = 0,374, karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,8324 antara penggunaan media audiovisual dengan metode role playing terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 = 0,83242 = 0,7012. Hal ini berarti 70,12% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh penggunaan media audiovisual dengan metode role playing, sedangkan sisanya 29,88% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, hasil belajar, media audiovisual, role playing
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:04
Last Modified: 10 Nov 2015 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item