KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASISMULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


Febriana Wahyuningtyas, 4101411168 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASISMULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411168-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalahadalah hal penting dalam pembelajaran matematika. Beberapa cara untuk meningkatkannya adalah dengan model pembelajaran Guided Discovery Learningberbasis Multiple Intelligences. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan individu dan klasikal, (2) mengetahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Ungarantahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII Dsebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model discovery learningberbasismultiple intelligencesdan kelas VIII Csebagai kelas kontrolyang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes tertulis dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji t.Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang mencapai KKM individual lebih dari 80%. Hasil uji kesamaan dua rata-rata diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalahsiswa kelas eksperimen lebih baikdari kemampuan pemecahan masalahsiswa kelas kontrol.Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalahsiswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model discovery learningberbasismultiple intelligencesmencapai KKM Individual dan Klasikal. Disimpulkan pula bahwa kemampuan pemecahan masalahsiswa yang yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model discovery learningberbasismultiple intelligenceslebih baik dibandingkan dengan siswayang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning,Multiple Intelligences, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:05
Last Modified: 10 Nov 2015 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20522

Actions (login required)

View Item View Item