PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG
Mukhlishon Addien Perdana, 1401411411 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPS adalah suatu kajian yang mempelajari tentang telaah manusia dengan kehidupannya. Masalah dalam penelitian adalah kualitas pembelajaran IPS di SDN Bringin 02 Kota Semarang yang belum optimal. Hasil refleksi menunjukkan guru dalam pembelajaran IPS belum menggunakan model dan media yang variatif yang disesuaikan dengan materi pelajaran serta kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak pada aktivitas siswa yang masih kurang. Hasil refleksi tersebut didukung dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang masih di bawah KKM. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share berbantuan Audiovisual pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share berbantuan Audiovisual pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 32 siswa SDN Bringin 02 Kota Semarang dengan variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 21 berkategori baik, siklus II diperoleh skor 27 berkategori baik, siklus III skor 33 berkategori sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 2,18 berkategori cukup, siklus II 2,51 berkategori baik, siklus III skor 3,37 berkategori sangat baik. Sedangkan rata-rata ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I sebesar 66%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 86%. Simpulan penelitian adalah melalui model Think Pair Share berbantuan Audivisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dalam menggunakan model Think Pair Share hendaknya memberi arahan siswa untuk bekerjasama dengan baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual; Kualitas pembelajaran IPS; Think Pair Share. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 13:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20520 |
Actions (login required)
View Item |