KEEFEKTIFAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII


Farhatuzzakiyah, 4101411057 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411057-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru akan membantu mencapai tujuan pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang efektif yaitu model Aptitude Treatment Interaction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keefektifan model Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalahpada pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Rakit, Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII-A terpilih sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Aptitude Treatment Interaction dankelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan model Direct Instruction. Sedangkan kelas uji coba diambil selain kelas sampel yaitu kelas VIII-C. Data dianalisis dengan metode tes, skala, dan observasi. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji proporsi, uji t, dan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan (1) modelAptitude Treatment Interaction efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar, dengan dicapainya lima indikator keefektifan,yaitu persentase peserta didik yang tuntas pada kelas yang diajar model Aptitude Treatment Interaction mencapai 75%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction lebih dari rata-rata kemampuanpemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran model Direct Instruction, banyaknya peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen lebih dari banyaknya peserta didik yang tuntas pada kelas kontrol, motivasi belajar peserta didik kelas yang memperoleh pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction mencapai kriteria tinggi, dan motivasi belajar peserta didik pada kelas yang diajar pada kelas model Aptitude Treatment Interactionlebih dari motivasi belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran model Direct Instruction; (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kemampuan pemecahan masalah., model Aptitude Treatment Interaction, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:56
Last Modified: 10 Nov 2015 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item