PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG


INDRI KUSUMA WARDANI, 1401411408 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411408-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA diantaranya siswa mampu mengembangkan keterampilan proses dengan memecahkan masalah dan membuat keputusan terhadap suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tujuan tersebut belum tercapai pada siswa kelas IV di SDN Salaman Mloyo karena guru belum maksimal memfasilitasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah, diskusi kelompok, dan memanfaatkan media sehingga siswa menjadi pasif, malu menyampaikan pendapatnya dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 22 siswa, 14 siswa (63,63%) yang belum tuntas belajar. Maka perlu adanya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model PBL berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model PBL berbantuan media audio visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru meningkat pada siklus I memperoleh skor 13 (baik) dan siklus II memperoleh skor 21 (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus I memperoleh skor 15,45 (baik) siklus II memperoleh jumlah skor 20,21 (sangat baik). Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 63,63% dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 75,95 dengan ketuntasan belajar klasikal 79,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo kota Semarang dalam pembelajaran IPA. Saran penelitian ini yaitu model PBL berbantuan media audio visual sebaiknya diterapkan guru sebagai variasi pembelajaran dan mempermudah menyampaikan materi terkait masalah sehari-hari, sebaiknya diterapkan bagi siswa agar berperan aktif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan sebaiknya diterapkan di sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, PBL, Audio Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:50
Last Modified: 10 Nov 2015 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item