PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013


Tri Adityo Sunardo , 1102411019 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411019-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Jlamprang bahwa proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan suatu materi kepada peserta didik, sehingga tidak terjadi interaksi antara guru dengan siswa. Guru menjadi pusat pembelajaran sedangkan siswa menjadi pasif. Guru membutuhkan media yang bersifat interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana prosedur pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE)? dan bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Buku Pintar Elektronik (BPE) pada siswa kelas IV SD Negeri Jlamprang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE), menghasilkan produk Buku Pintar Elektronik (BPE), dan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Buku Pintar Elektronik (BPE) pada siswa kelas IV SD Negeri Jlamprang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan lima tahap penelitian untuk mengembangkan produk Buku Pintar Elektronik (BPE) tema Selalu Berhemat Energi subtema Macam-Macam Sumber Energi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Jlamprang. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan Buku Pintar Elektronik (BPE) yaitu 82,6. Prosedur pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) terdiri dari lima tahap yang mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall, yang sudah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian, yaitu pra pengembangan model, pengembangan model, evaluasi model, penerapan model dan revisi model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Buku Pintar Elektronik (BPE) efektif pada siswa kelas IV SD Negeri Jlamprang. Sedangkan prosedur pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) terdiri dari lima tahap pengembangan, yang mengacu pada prosedur pengembangan oleh Borg dan Gall. Saran dari peneliti kepada siswa, sekolah maupun lembaga Universitas Negeri Semarang yaitu agar memanfaatkan dan menggunakan produk Buku Pintar Elektronik (BPE) dengan bijak dan bertanggungjawab untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pintar Elektronik (BPE), Efektivitas, Pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:49
Last Modified: 10 Nov 2015 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item