PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN PADA SISWA KELAS VB SD LABSCHOOL UNNES


RINA TRIASTUTI, 1401411406 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN PADA SISWA KELAS VB SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411406-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS dalam kurikulum 2013 dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan siswa dalam kehidupan bermasyarakat yang berubah dan berkembang secara terus menerus. Berdasarkan observasi awal di SD Labschool Unnes ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas VB. Keterampilan guru belum optimal dan aktivitas siswa masih rendah. Hal itu mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Dari 25 siswa, 8 siswa tuntas dan 17 siswa tidak tuntas dengan KKM 70. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memilih model PBL dengan media komik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan pada siswa kelas VB SD Labschool Unnes. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa. Tekni k pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh 20 termasuk kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 29 termasuk katergori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 40 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 28,92 termasuk kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 33,92 termasuk kategori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi rata -rata skor 36,76 termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 68%, pada siklus II meningkat menjadi 72%, dan pada siklus III meningkat menjadi 88%. Hasil belajar ranah sikap spiritual siswa pada siklus I memperoleh skor modus 3 predikat baik, pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 4 predikat sangat baik.. Hasil belajar ranah sikap sosial siswa pada siklus I memperoleh skor modus 3 predikat baik, pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 4 predikat sangat baik. Hasil belajar ranah keterampilan siswa pada siklus I memperoleh skor capaian optimum 2,66 kategori B-, pada siklus II meningkat menjadi 2,93 kategori B, pada siklus III, meningkat menjadi 3,22 kategori B+. Simpulan penelitian ini adalah melalui model PBL dengan media komik pada pembelajaran IPS tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya menerapkan model PBL dengan media komik sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, media komik, model PBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:46
Last Modified: 10 Nov 2015 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item