PENGEMBANGAN PROFIL PUSAT PENGEMBANGAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERBASIS PROGRAM PINNACLE


Yati Novitasari, 1102411017 (2015) PENGEMBANGAN PROFIL PUSAT PENGEMBANGAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERBASIS PROGRAM PINNACLE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411017-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memajukan kualitas PPL UNNES dan mengembangkan profil pusat PPL UNNES dengan mengembangkan Garis Besar Isi Media (GBIM), memproduksi profil pusat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Semarang berbasis program pinnacle dan menguji keefektifan dari pengembangan profil pusat PPL UNNES berbasis program pinnacle. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Penelitian ini berusaha untuk mengembangkan Garis Besar Isi Media (GBIM) pada profil pusat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Semarang dengan memproduksi profil berbasis program pinnacle. Sample penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang dari 7 Fakultas yang ada di Universitas Negeri Semarang, dengan mengambil 5 responden dari 7 Fakultas tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes angket atau kuisioner dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengembangan media video berbasis program pinnacle dalam pengembangan profil pusat PPL UNNES yang menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, dirasa mampu diterapkan dan dikatakan layak dalam penayangannya. Hal ini terkait dengan proses pengembangan GBIM berlanjut ke produksi yang direncanakan sedemikian rupa dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Jadi program yang dibuat tidak serta merta asal dikerjakan, melainkan melalui tahapan tersebut dan bila sudah disesuai akan diulang dari awal kembali agar produk benar-benar valid. (2) Dari 35 responden dan validasi dari ahli materi serta ahli media, program pengembangan pusat profil PPL UNNES berbasis pinnacle dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembuatan sebuah dokumentasi alangkah baiknya bukan saja berupa gambar foto melainkan pula berbentuk video. Agar bila dikembangkan kembali menjadi sebuah produk dalam pengenalan PPL UNNES, produk tersebut lebih variatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Profil; Pusat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNNES; Program Pinnacle.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:42
Last Modified: 10 Nov 2015 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20513

Actions (login required)

View Item View Item