PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURE VIDEO DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK


Galih Maulana Rizqy , 1102411007 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURE VIDEO DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411007-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan individu yang dalam prosesnya tidak dapat dilepaskan dari peran teknologi pendidikan. Iklim pendidikan di Indonesia yang kurang kondusif serta kemunculan kurikulum 2013 menjadi tantangan teknologi pendidikan untuk menjawab permasalahan yang ada. Dalam konteks belajar sebenarnya diprioritaskan pada pengalaman subyek belajar sendiri bukan secara penuh menggunakan model konvensional seperti yang dilakukan sampai saat ini. Pembelajaran IPS sejatinya merupakan telaah tentang manusia dalam hubungan masyarakat dengan sesamanya, sehingga membutuhkan metode atau media pembelajaran yang dapat mentransformasikan ilmu sosial dengan peran aktif dan pengalaman siswa. Dengan begitu perlu adanya terobosan yang dapat mengemas penghadiran pembelajaran menjadi bentuk pengalaman siswa, serta untuk meminimalisir kesulitan materi yang dihadirkan perlu dikemas secara ringan dan menghibur yang salah satunya dalam bentuk media pembelajaran berupa feature video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan serta mengetahui dan mengukur feature video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas sistem pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Development dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII E yang dipilih dengan teknik Sampling Purposive. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan pertimbangan penilaian serta pernyataan kelayakan dari ahli media dan ahli materi. Media ini juga terbukti berperan dalam peningkatan sistem pembelajaran yang telah diukur dari hasil pretest dan posttest siswa, serta diuji dengan aplikasi uji-t diperoleh hasil yang baik. Hasil perhitungan pada α = 5 % dengan db (N-1) = 29 diperoleh tt = 2,045 dan pada α = 1% dengan db (N-1)= 29 diperoleh tt = 2,756. Didapat t hitung (tc) = 5,409, sehingga perbandingannya adalah 2,045 < 5,409 > 2,756. Karena tt (5%) < tc > tt (1%) maka hipotesis alternatif(Ha) diterima dan Ho ditolak dan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sistem pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis feature video. Dari hasil penelitian ini disarankan perlunya pengembangan media feature video sebagai alternatif media tambahan atau pelengkap yang dapat digunakan dalam pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, feature video, mata pelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:34
Last Modified: 10 Nov 2015 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item