PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI JATIBARANG KIDUL 05 KABUPATEN BREBES
Meta Yunia, 1102411002 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI JATIBARANG KIDUL 05 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini tentang Pengaruh Keterampilan Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Jatibarang Kidul 05 Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana serta hubungan antara keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa SD Negeri Jatibarang Kidul 05 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Jatibarang Kidul 05 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri Jatibarang Kidul 05 yaitu sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket untuk memperoleh data keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasional. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan siswa kelas V SD Negeri Jatibarang Kidul 05 kecamatan Jatibarang kabupaten Brebes tentang keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana cenderung cukup tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan mengajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di SD Negeri Jatibarang Kidul 05 kecamatan Jatibarang kabupaten Brebes. Hal ini ditunjukkan melalui analisis regresi dan korelasi. Dalam uji analisis regresi, pada taraf signifikan 5% diperoleh signifikan sebesar 0,047. Uji korelasi menunjukkan tingkatan 0,360. Menurut Sarwono yang dikutip Taufik Hidayat dan Nana Istiadah (2011 :150), korelasi pada tingkat >0,25-0,5 berarti korelasi cukup kuat, sehingga keterampilan mengajar dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan mengajar, motivasi belajar siswa, IPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 12:13 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 12:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20503 |
Actions (login required)
View Item |