PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG

AKHIRINI AGUSTIN RAHAYU, 1401411405 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3048Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang menunjukkan bahwa siswa belum aktif saat kegiatan diskusi kelompok, ketika diminta mengerjakan soal siswa kurang memahami bagaimana penyelesaiannya, guru kurang memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran TPS dengan media CD interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang? Penelitian tindakan kelas ini meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada setiap siklus berturut-turut memperoleh ratarata skor 30 (sangat baik), 33 (sangat baik), 35,5 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada setiap siklus berturut-turut memperoleh rata-rata skor 22,58 (baik), 25,1 (baik), 27,6 (sangat baik); (3) kualitas iklim pembelajaran pada setiap siklus berturut-turut memperoleh rata-rata skor 4 (baik), 7 (sangat baik), 8 (sangat baik); (4) kualitas materi pembelajaran pada setiap siklus berturut-turut memperoleh rata-rata skor 6 (sangat baik), 8 (sangat baik), 8 (sangat baik); (5) kualitas media pembelajaran pada setiap siklus berturut-turut memperoleh rata-rata skor 9 (sangat baik), 11 (sangat baik), 12 (sangat baik); (6) hasil belajar siswa pada setiap siklus berturut-turut memperoleh nilai rata-rata 68,6 (ketuntasan klasikal 64%); 69 (ketuntasan klasikal 71%), 77 (ketuntasan klasikal 85,71%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran TPS dengan media CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah pemberian motivasi kepada siswa yang lebih beragam, mempertimbangkan volume penggunaan media dengan kondisi kelas, pemberian PR atau tugas terkait materi yang akan dipelajari, serta pemanfaatan software lain agar pembuatan media CD interaktif lebih kreatif dan menarik minat siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CD interaktif, kualitas pembelajaran, matematika, TPS.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 07:40
    Last Modified: 10 Nov 2015 07:40

    Actions (login required)

    View Item