PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X PROGRAM IPA DI SMAN 1 SLAWI


Rizqi Abdillah, 1102410069 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X PROGRAM IPA DI SMAN 1 SLAWI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410069-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat dan tersebar secara meluas sehingga mempengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu contohnya adalah dengan beragamnya media pembelajaran yang sangat membantu proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan wawancara terhadap guru Kimia kelas X di SMAN 1 Slawi, permasalahan yang dihadapi siswa mata pelajaran Kimia adalah mata pelajaran yang baru bagi siswa SMA kelas X dan salah satu materi yang dianggap mendasar namun masih sulit dipelajari oleh siswa yaitu Sistem Periodik Unsur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) untuk mata pelajaran Kimia materi sistem periodik unsur di SMA yang mempunyai tingkat kriteria baik dan layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development. Langkah-langkah dalam mengembangkan media berbasis MPI menggunakan model pengembangan ADDIE diadaptasi Munir (2008). Penjabaran model ADDIE diantaranya adalah 1) tahap analisis; 2) tahap desain; 3) tahap pengembangan; 4) tahap implementasi; 5) tahap evaluasi. Kemudian untuk tahap implementasi multimedia dalam pembelajaran menggunakan desain PreExperimental Designs yaitu Intact-Group Comparasion dimana membandingkan tingkat motivasi siswa saat pembelajaran menggunakan atau tidak menggunakan MPI di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi tingkat kriteria baik dan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media menunjukan persentase tingkat kelayakan sebesar 76,66% yang artinya media tersebut dikategorikan layak dari segi medianya itu sendiri. Sedangkan dari uji ahli materi, menunjukan hasil persentase tingkat kelayakan sebesar 82% yang dapat dikategorikan sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil hasil persentase tingkat kelayakannya sebesar 82,4% yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan pada uji coba kelompok besar menunjukan persentase tingkat kelayakan sebesar 84,4% yang dapat dikategorikan sangat layak. Pada implementasinya media yang digunakan dalam pembelajaran Kimia yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi siswa terhadap pembelajaran Kimia. Hal ini terlihat dari hasil persentase motivasi siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,11% yang dapat dikategorikan sangat kuat sesuai dengan skala likert. Dan hasil persentase motivasi siswa pada kelas kontrol sebesar 77,03% yang dapat dikategorikan kuat sesuai dengan skala likert. Perlu adanya pengembangan MPI pada pembelajaran Kimia, karena telah terbukti adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang berdampak pada keaktivan siswa dalam pembelajaran saat menggunakan MPI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Sistem Periodik Unsur, Mata Pelajaran Kimia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:02
Last Modified: 10 Nov 2015 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20499

Actions (login required)

View Item View Item