EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN SALATIGA

Ahmad Wildan S , 1102410052 (2015) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1711Kb)

    Abstract

    Peranan video pembelajaran sangat penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Inovasi ini merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan media dalam pembelajaran. Pemanfaatan video pembelajaran adalah sebuah pemanfaatan media dengan menggabungkan unsur suara dan gambar dengan mengkolaborasikan indera penglihatan dan pendengaran. Penelitian ini diawali dengan adanya masalah diantaranya rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas pemanfaatan media video pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Guru geografi di MAN Salatiga kurang optimal dalam memanfaatkan media yang ada. Guru hanya menyajikan materi dengan Microsoft Power Point dan di isi dengan materi berupa teks dan gambar saja. Pembelajaran tersebut masih kurang optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru masih mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih nampak pasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MAN Salatiga yang mana kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media video pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar dimana nilai ratarata kelas tersebut sebesar 84,5. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol hanya sebesar 76,8. Dengan demikian pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Hamalik yang menyatakan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Disarankan agar media video pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Video Pembelajaran, Mata Pelajaran Geografi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 06:53
    Last Modified: 10 Nov 2015 06:53

    Actions (login required)

    View Item