PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)BERBANTUAN MEDIA VISUALSISWA KELAS VB SDN TAMBAKAJI 04KOTA SEMARANG


Zana Kurnia, 1401411485 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)BERBANTUAN MEDIA VISUALSISWA KELAS VB SDN TAMBAKAJI 04KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411485-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

viiiABSTRAKKurnia, Zana. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) BerbantuanMedia Visual Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang.Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. A. Busyairi, M.Ag.xvi+337 hal.Pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui pengembangan keterampilan dan sikap ilmiah. Kualitas pembelajaran IPA siswa kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang masih belum optimal. Keikutsertaan siswa dalam kerja kelompok masih rendah. Keberanian siswa untuk mengungkapkan ide masih kurang. Aktivitas, antusiasme, dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAjuga belum optimal.Akibatnya,hasil belajar IPA pada siswa kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang rendah atau hanya 32,5% siswa yang nilainya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 70. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI)berbantuanmedia visual pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Team Assisted Individualization (TAI)berbantuanmedia visualpada siswa kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiriatas empat tahapan,yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru yaitu siklus I sebesar 25, meningkat pada siklus II menjadi 29, dan meningkat pada siklus III menjadi 33. Selanjutnya, hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 25,03, meningkat pada siklus II 27,75, dan pada siklus III 30,88. Keduanya memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu kriteria sangat baik. Selanjutnya, hasil belajar siswa siklus I menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 60% meningkat pada siklus II 72,5% dan pada siklus III 85%.Simpulan penelitian ini adalah model Team Assisted Individualization (TAI)berbantuanmedia visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Guru sebaiknya lebih intensif dalam memotivasi siswa agar tercipta pembelajaran yang interaktifyang lebih dan siswa hendaknya menumbuhkan sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA; Team Assisted Individualization;visua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:01
Last Modified: 10 Nov 2015 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20497

Actions (login required)

View Item View Item