PENGARUH LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD DAERAH BINAAN R.A. KARTINI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO


Singgih Mahendra, 1401411592 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD DAERAH BINAAN R.A. KARTINI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 14014111592-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang berkaitan dalam dunia pendidikan adalah kinerja guru dalam pembelajaran karena dengan guru yang mempunyai kinerja baik akan menghasikan peningkatan mutu pendidikan. Kinerja guru dalam pembelajaran di SD Dabin R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo masih belum optimal, hal ini dikarenakan sebagian guru dalam pelaksanaan pembelajaran belum maksimal. Hal ini terlihatdaripengkondisian siswa dalam pelaksanaanpembelajaran masih rendahdan penggunaan media maupun sumber belajar kurang maksimal. Selain ituSelain itu,konsentrasi guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru perlu dukungan, salah satunya yaitu lingkungan fisik sekolah yang nyaman dan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan fisik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SD Dabin R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex post facto.Populasi pada penelitian ini yaitu semua guru di SD Dabin R.A Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, yang berjumlah 56 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner lingkungan fisik dan kinerja guru dalam pembelajaran. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20.Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan hasil t hitung > t tabel (2,072> 2,005), yang artinya lingkungan fisik berpengaruh terhadap kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan besarnya pengaruh lingkungan fisik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran yaitu 7,04%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan fisik berpengaruh terhadap kinerja guru dalam pembelajaran, besarnya pengaruh lingkungan fisik pada kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 7,4 %, sedangkan 92,6 dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkungan fisik. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti pengelola pendidikan dan pemerintah hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas lingkungan fisik sekolah agar guru mendapat kenyamanan dalam bekerja, sehingga dapat meningkatkan kinerja, salah satunya yaitu kinerja guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan fisik, kinerja guru, pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:42
Last Modified: 11 Apr 2018 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item