PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PACARMULYO


Setyo Adi Nugroho, 1102410048 (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PACARMULYO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410048-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kenaikan keaktifan siswa dan kenaikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori belajar konstruktivisme dengan memanfaatkan media Wondershare Quiz Creator pada proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SD Negeri 2 Pacarmulyo Wonosobo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif, dan subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas II di SD Negeri 2 Pacarmulyo Wonosobo. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengambil data aktivitas peneliti dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikelas dalam 9 pertemuan. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan menerapkan teori belajar konstruktivisme dan memanfaatkan media Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan rata - rata untuk keaktifan siswa pada siklus I adalah 59,5% dan pada siklus II adalah 80,18%. (2) pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar konstruktivisme dan memanfaatkan media quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Pacarmulyo dengan nilai rata – rata tes hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74.86 dan pada siklus II adalah 80.55. Berdasarkan penemuan hasil penelitian, maka guru perlu untuk menerapkan metode pembelajaran yang telah dilaksanakan karena hasil dari penelitian berhasil meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan penelitian yang cangkupan lebih luas untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme, Wondershare Quiz Creator, Keaktifan dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:37
Last Modified: 10 Nov 2015 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20493

Actions (login required)

View Item View Item