KEEFEKTIFANPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN MUARAREJA 1 KOTA TEGAL


Nur Istiqomah, 1401411561 (2015) KEEFEKTIFANPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN MUARAREJA 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 14014111561-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Pada umumnya guru cenderung menggunakan model konvensional dalam pembelajaran, sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu variasi pendekatan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibataktif selama pembelajaran berlangsung, salah satunya yaitupendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).Pendekatan CTL memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep dari materi yang dipelajari serta mengaitkan pembelajaran dengankehidupan sehari-hari siswa.Tujuan penelitian ini yaituuntuk mengetahuikeefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar daur air pada siswa kelas V SDN Muarareja 1 Kota Tegal.Penelitian dilaksanakan di SDN Muarareja 1 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa terdiri dari 25 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product momentuntuk uji validitas dancronbach’s alphauntuk uji reliabilitas instrumen. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji lillieforsuntuk menguji normalitas data dan levene’s testuntuk uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji independent samples t testdan one sample t test. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswamenggunakan independent samples t testdiperoleh data thitung = 2,531 dan ttabel = 2,017, sehingga dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran IPA kelas V materi daur air SDN Muarareja 1 Kota Tegal. Selanjutnya, hasil uji keefektifan model dengan menggunakan one sample t test, diperoleh data thitung= 3,535dan ttabel = 2,074. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. Simpulannya bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learningefektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air. Saran bagi guru yaitu untuk menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pendekatan Contextual Teaching and Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:29
Last Modified: 11 Apr 2018 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item