MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUIMODEL STAD BERBANTUAN “KARTUPINUS” MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUHBANGSA 02 KABUPATEN TEGAL


Nanik Rahmawati, 1401411123 (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUIMODEL STAD BERBANTUAN “KARTUPINUS” MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUHBANGSA 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411123-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi bilangan bulat kelas IV SD Negeri Dukuhbangsa 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah dengan rata-rata kelas 60 dan ketuntasan klasikal 25%. Hal ini terjadi karena siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran, peran guru sangat dominan, metode ceramah menjadi metode utama dalam pembelajaran. Siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Guru perlu menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitasdan hasilbelajar siswaagar pembelajaranlebih menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil BelajarMelalui Model STAD Berbantuan“kartu pinus’Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SD Negeri Dukuhbangsa 02 Kabupaten Tegal.”.Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Dukuhbangsa 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif terdiri dari peneliti, guru mitra, dan observer.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melaluipelaksanaan kuis akhir, aktivitas belajar siswaserta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 63 dengan persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, persentase keaktifan siswadalam kegiatan pembelajaran minimal 70%,dan skor performansi guru minimal B.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 78,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67%, persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 75,14% dan nilai performansi guru 80,93 (AB). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 83,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,89%, persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar82,63% dan nilai performansi guru 89,33 (A). Hasil penelitian meningkat pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa model STAD berbantuan “kartu pinus’dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar;model STAD; media “kartu pinus”
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:20
Last Modified: 10 Nov 2015 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item