iKEEFEKTIFAN PENDEKATANSAVITERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS III DI SDN 1 WANGON


Yustiar Budiardhiana, 1401411596 (2015) iKEEFEKTIFAN PENDEKATANSAVITERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS III DI SDN 1 WANGON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 14014011596-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di SD. Dalam pembelajaran IPA, siswa secara utuh harus aktif mengembangkan sendiri kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotoriknya melalui proses mentalnya untuk mengasimilasi dan mengakomodasi segalasesuatu yang ditemukannya dalam interaksi dengan lingkungan sekitar. Guru cenderung menggunakan model konvensional dalam menyampaikan materi, sehingga siswa kurang termotivasi untuk memahami konsep-konsep IPA. Tujuan penelitianini yaitu menguji keefektifan pendekatan SAVIterhadap motivasi dan hasil belajar IPAsiswa antara kelas yang mendapatkan perlakuan penerapan pendekatan SAVIdan yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi Kenampakan Pemukaan Bumidi kelas III.Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental designdengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Wangonsebanyak59siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas IIIasebanyak 30siswa dan kelas IIIb sebanyak 29 siswa. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product momentuntuk uji validitasangket dan tes uji coba, cronbach’s alphauntuk uji reliabilitas angket, dan KR 21 untuk uji reliabilitas tes uji coba. Metode lillieforsuntuk menguji normalitas data, uji levene untuk menguji homogenitas data,dan uji independent samples t testuntuk uji hipotesisdengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase nilai motivasi belajar akhir siswa kelas eksperimen sebesar80,32 dan siswa kelas kontrol sebesar 73,75. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 77,07 dan siswa kelas kontrol sebesar 70,5.Data hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t testmenunjukkan bahwa, thitungsebesar 5,376 dan ttabelsebesar 1,672 (thitung> ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata motivasi belajar IPA siswa dengan penerapan pendekatan Somatik Auditori VisualIntelektual pada materi Kenampakan Permukaan Bumi lebih baik dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional.Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitungsebesar 2,186 dan ttabelsebesar 1,672 (thitung> ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada materi Kenampakan Permukaan Bumi yang menerapkan pendekatan Somatik Auditori Visual Intelektual lebih baik dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional. Kedua hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan pendekatan SAVI terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaraN

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, SAVI, Motivasi, dan Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:13
Last Modified: 11 Apr 2018 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item