EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X PERSIAPAN DI SMK NEGERI 11 SEMARANG


Ryan Andi Iriyanto, 1102411050 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X PERSIAPAN DI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411050-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada mata pelajaran Fisika terhadap hasil belajar siswa Kelas X SMK Negeri 11 Semarang apabila dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan E-learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas XA persiapan dan XB persiapan SMK Negeri 11 Semarang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran yang tidak menggunakan E-learning berdasarkan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran ELearning berbasis web masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.54, efektivitas pembelajaran yang tidak menggunakan media E-learning masuk dalam kriteria rendah yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.30. Sebagai bahan perbaikan pembelajaran fisika selanjutnya. Saran yang dapat diberikan adalah sebelum pelaksanaan pembelajaran menggunakan media ini, guru harus dapat mempersiapkan komponen pendukung, seperti rencana pembelajaran yang lebih sistematis agar lancar serta jelas apa yang akan dilakukan, kemudian materi dan tugas di dalam E-learning harus sudah dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, media pembelajaran, E-Learning, konvensional, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:55
Last Modified: 10 Nov 2015 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item