EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN “RUMAHKU” TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS B DI TK RA PERWANIDA BOYOLALI


Irfan Ardianto, 1102411051 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN “RUMAHKU” TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS B DI TK RA PERWANIDA BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 11024011051-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan ketika guru mengajar di dalam kelas mengalami kesulitan dalam menyampaikan kepada anak yaitu tentang materi tema lingkungan rumah. Hal ini di dukung juga dengan belum ada media pembelajarannya yang inovatif. Siswa tidak tertarik terhadap media gambar, merasa jenuh, bermain dengan temanya sendiri dan hanya beberapa yang memperhatikan. Itu terjadi karena guru sudah sering dalam menggunakan media gambar jadi anak merasa bosan. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan suatu media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang imajinasi dan berpikir, salah satunya adalah media video pembelajaran „Rumahku‟ pada materi tema lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media video pembelajaran “Rumahku” terhadap aktivitas dan hasil belajar. Metode yang dipakai menggunakan 4 metode. Metode wawancara untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas anak, metode observasi untuk mengetahui proses pembelajaran, metode ceklist untuk mengetahui aktivitas anak, dan metode test digunakan untuk mengetahui hasil belajar anak. Tahapan penelitian ini diawali dengan tahap pra penelitian yaitu observasi awal dan merancang penelitian, tahap penelitian yaitu melaksanakan penelitian untuk mengambil data, dan pasca penelitian yaitu menyimpulkan hasil penelitian dengan mengolah data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi tema lingkungan rumah sudah masuk dikategori efektif. Hal ini dilihat dari proses pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran berjalan dengan baik, anak berinteraksi dengan guru seperti teman bermain, guru mengajar sesuai dengan bahan penyerta video dan guru tidak merasa kesulitan dalam menyampaikan materi. Aktivitas anak sebesar 88% merasakan suasana pembelajaran yang senang, rasa tanggung jawab anak sebesar 84% dari jumlah anak satu kelas, 80% anak percaya diri dalam berpendapat, dan fokus anak terhadap video tersebut sebesar 73%. Hasil pembelajaran melalui test rata-rata anak dalam nilai jawaban dalam satu kelas sebesar 97,7%. Maka dapat disimpulkan dari proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar, maka media video pembelajaran “rumahku” ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Guru hendaknya memanfaatkan fasilitas yang ada dan dapat menggunakan media video pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Video Pembelajaran Lingkungan Rumahku, Jenjang Pendidikan Taman Kanak-kanak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:37
Last Modified: 11 Apr 2018 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item