PENGEMBANGAN MEDIA KARTU SITUASI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA UNTUK SISWA KELAS VII SMP


Yuni Hapsari, 2601411143 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU SITUASI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411403-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu kompetensi dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP. Siswa harus bisa belajar berbicara bahasa Jawa dan saat melakukan percakapan dengan orang yang lebih tua menggunakan unggah-ungguh basa dengan baik. Pembelajaran berbicara kelas VII SMP sampai saat ini belum bisa terlaksana dengan baik, karena kurangnya media dan materi yang diberikan guru kepada siswa. Pembelajaran berbicara yang seperti itu, menjadikan siswa bosan dan tidak paham. Oleh karena itu, diperlukan pembuatan media untuk pembelajaran berbicara. Media yang akan dibuat berdasarkan kebutuhan dari guru dan siswa. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbicara kelas VII SMP, 2) bagaimana prototipe media kartu situasi dalam pembelajaran berbicara untuk siswa kelas VII SMP, 3) apakah model media kartu situasi dapat diterapkan sebagi solusi dalam pembelajaran berbicara kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbicara kelas VII SMP, 2) mendeskripsikankan prototipe media kartu situasi pembelajaran berbicara untuk siswa kelas VII SMP, 3) mendeskripsikan model pengembangan media kartu situasi dapat diterapkan sebagai solusi dalam pembelajaran berbicara kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara kepada guru bahasa Jawa, dan angket kebutuhan guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan melalui deskriptif kualitatif. Guru dan siswa kelas VII SMP membutuhkan media pembelajaran berbicara berupa kartu situasi. Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran berbicara membutuhkan media. Kartu situasi ini berupa gambar visual yang dilengkapi dengan isi (materi) situasi, dan cara menggunakan kartu situasi supaya siswa bisa berbicara kepada orang yang lebih tua menggunakan unggah-ungguh basa serta ragam krama dengan baik. Saran hasil penelitian ini adalah 1) media dapat digunakan untuk membantu siswa dalam pembelajaran berbicara, 2) perlu diadakannya penelitian lanjut untuk uji efektifitas dari media tersebut, dan 3) media kartu situasi ini dapat dijadikan referensi untuk guru bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media bahasa Jawa, kartu situasi, pembelajaran berbicara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:21
Last Modified: 10 Nov 2015 10:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20485

Actions (login required)

View Item View Item