KEEFEKTIFAN METODE MATEMATIKA GASING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELILING BANGUN DATAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KALIPANCUR KABUPATEN PEKALONGAN


Hermawan Syarif, 1401411402 (2015) KEEFEKTIFAN METODE MATEMATIKA GASING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELILING BANGUN DATAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KALIPANCUR KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411402-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar masih kurang optimal. Hasil belajar yang kurang optimal dapat dikarenakan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar rendah. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran dipegaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Sebagian besar guru masih menerapkan metode konvensional berupa ceramah dalam mengajarkan materi keliling bangun datar. Metode konvensional dirasa kurang efektif diterapkan dalam pembelajaran materi keliling bangun datar. Dengan menggunakan metode konvensional siswa cenderung pasif dan mudah bosan. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran materi keliling bangun datar, salah satunya yaitu metode matematika gasing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan meliputi siswa kelas III SD Negeri 1 Kalipancur yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan anggota sampel 23 siswa kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan 23 siswa kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji kesamaan rata-rata, uji normalitas dan uji homogenitas dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 17. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dengan menggunakan teknik analisis indeks dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa. Statistik inferensial dengan menggunakan uji t dan pooled varian digunakan untuk menguji keefektifan metode matematika gasing. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan uji independent sample t test diperoleh 6.324 > 2.015 (t hitung > ttabel ) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan rumus pooled varian diperoleh 6.322 > 2.015 (t hitung > ttabel ). Sedangkan hasil penelitian dalam uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji independent sample t test diperoleh 2.557 > 2.015 (thitung > ttabel ) dengan signifikansi 0.014 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan rumus pooled varian diperoleh 2.556 > 2.015 (t hitung > ttabel ). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode matematika gasing efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa materi keliling bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode matematika gasing, minat belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:12
Last Modified: 10 Nov 2015 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item