PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PJBL VARIASI GROUP RESUME DENGAN MEDIA PERMAINAN BUHARUN PADA SISWA KELAS IVA SD LABSCHOOL UNNES


ASTUTI DIANA PRABAWATI, 1401411399 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PJBL VARIASI GROUP RESUME DENGAN MEDIA PERMAINAN BUHARUN PADA SISWA KELAS IVA SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411399-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di kelas IVA SD Labschool Unnes menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki kemampuan dalam pembelajaran dan menghasilkan suatu karya dalam pembelajaran, dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka dari itu dilakukan perbaikan dengan menerapkan model PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IVA SD Labschool Unnes?”. Dan tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui PJBL variasi Group Resume dengan Media Permainan pada siswa kelas IVA SD Labschool Unnes. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IVA SD Labschool Unnes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keterampilan guru pada siklus I dan II memperoleh skor 32 (baik) dan 39,5 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I dan II memperoleh skor 17,16 (baik) dan 24,96 (sangat baik); (3) iklim pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 12 (sangat baik) dan 13 (sangat baik); (4) kualitas materi pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 5,5 (baik) dan 6 (sangat baik); (5) kualitas media pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 14 (sangat baik) dan 14,5 (sangat baik); (6) hasil belajar siswa pada siklus I dan II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70% dan 81,8%. Simpulan penelitian ini adalah melalui PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IVA SD Labschool Unnes yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas materi pembelajaran, kualitas media pembelajaran, dan hasil belajar. Saran bagi guru adalah memberikan bimbingan siswa dalam memahami materi dengan menghasilkan suatu karya sesuai materi pembelajaran yang telah dipelajari dan mengoptimalkan media pembelajaran yang menarik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, pembelajaran; Matematika; Permainan; PJBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:07
Last Modified: 10 Nov 2015 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item