PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 SEMARANG


Sigit Pandu Cahyono, 3301411157 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411157-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolahan, tujuan pembelajaran diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami, menghayati dan meyakini nilainilai Pancasila sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari. Dalam pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, siswa mengalami ketidak ketertarikan pada mata pelajaran PPkn yang dipelajari. Selain itu siswa juga merasa bosan dalam melaksakan pembelajaran di kelas. Dengan demikian berdampak pada pemahaman materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa menjadi tidak baik. Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam menciptakan keberhasilan terhadap proses belajar mengajar. Selama proses belajar mengajar berlangsung, harusnya juga menggunakan media yang menarik, sehingga siswa lebih menyukainya. Dengan adanya media pembelajaran yang interaktif akan membantu meningkatkan motivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini kian pesat, terutama dalam bidang teknologi computer/laptop. Pembelajaran di SMP Negeri 7 Semarang masih belum memanfaatkan media computer/laptop yang di miliki siswa ataupun sekolahan dengan maksimal. Dengan perkembangan ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan media pembelajaran yang interaktif untuk menciptakan inovasi baru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu dalam penelitian ini bermaksud mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 7 Semarang. Kegiatan penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian campuran . Dalam penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Semarang. Dengan pengambilan data secara observasi, pre test dan pos test dan wawancara. Alur penelitian yang dilakukan dalam kegiatan penelitian ini adalah mengacu pada penggunaan media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran dan hasil dari kegiatan uji pre test dan pos test. Hasil dari selisih uji pre test dan pos test selanjutnya dihitung menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat efek dari penggunaan media tersebut. Hasil penelitian ini membuat peserta didik menjadi senang dalam melakukan proses pembelajaran dan tidak terjadi kebosanan, antusias pembelajaran menjadi meningkat. Selain itu, hasil penelitian ini terjadi peningkatan dari nilai pre test 58,5 dan post test 80, dengan kenaikan sebesar 21,5 dengan kenaikan sebesar 17,1%. Dengan T-hitung sebesar 16,53 dimana lebih besar dari Ttabel dengan dk (29) yaitu 2,045, dan T-hitung berada pada daerah penolakan Ho, maka terdapat perbedaan selisih hasil post test dan pre test. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pre test dengan hasil pos test dan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dikatakan efektif. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah Seyogyanya guru dalam melakukan penilaian harus menggabungkan tiga domain yakni domain kognitif, domain psikomotorik dan domain afektif. Perlu adanya pelatihan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif. Perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif PPKn ini agar lebih baik, karena dirasa masih terdapat banyak kekurangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Media Pembelajaran Interaktif,Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 14:00
Last Modified: 10 Nov 2015 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item