PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG


NINA RAHMAWATI, 1401411398 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411398-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah sosial. Berdasarkan refleksi dari guru, kualitas pembelajaran IPS di SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang masih belum optimal menunjukkan beberapa permasalahan ya itu pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru sudah menggunakan model pembelajaran tetapi belum maksimal. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebagian besar masih belum mencapai KKM (65). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD. 2.4 Mengenal permasalahan sosial didaerahnya pada siswa kelas IVA Gisikdrono 03 Kota Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan non tes meliputi observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 23 dengan kategori baik, siklus II mendapatkan skor 28 dengan kategori baik, dan siklus III mendapatkan skor 34 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 20,6 dengan kategori baik, siklus II mendapatkan skor 23 dengan kategori baik, dan siklus III mendapatkan skor 26 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mengalami ketuntasan klasikal sebesar 52,94% dengan kategori baik, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 64,70% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 88,25% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model problem solving berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang ditandai dengan meningkatkannya keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat, salah satunya dengan menggunakan model problem solving.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia; IPS; kualitas; pembelajaran; Problem Solving
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:00
Last Modified: 10 Nov 2015 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item