PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG


Handal Setyo Adi Prakoso, 1401411396 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411396-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Istilah IPS di sekolah dasar merupakan nama mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah sosial kehidupan. Materi IPS untuk jenjang sekolah dasar tidak terlihat aspek disiplin ilmu karena yang lebih dipentingkan adalah dimensi pedagogis dan psikologis serta karakteristik kemampuan berpikir peserta didik yang bersifat holistik. Masalah dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran IPS di SDN Wonosari 03 Kota Semarang yang kurang optimal. Hasil refleksi menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pembelajaran IPS belum menggunakan model dan media inovatif yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Hasil tersebut juga berdampak pada aktivitas siswa yang masih kurang. Hasil refleksi tersebut juga didukung oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang menunjukkan bahwa dari 39 siswa, sebanyak 28 siswa (71,7%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran students teams achievment division (STAD) berbantuan media audiovisual pada siswa kelas VA SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media audiovisual. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 39 siswa SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Materi pembelajaran IPS yang menjadi bahan penelitian adalah KD 2.1 mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I mencapai skor 31,5 kriteria baik, siklus II skor 37 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I skor 22,45 kriteria cukup, siklus II skor 34,11 kriteria baik. Sedangkan Rata-rata ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I sebesar 46,15%, siklus II sebesar 94,87%. Simpulan hasil penelitian yaitu penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menggunakan model dan media yang bervariatif sesuai dengan materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, kualitas, pembelajaran, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 09:54
Last Modified: 10 Nov 2015 09:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20475

Actions (login required)

View Item View Item