PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA MENGGUNAKAN MODEL KONVENSIONAL DENGAN GROUP INVESTIGATION DI SMK

Rohmatin Ni’mah , 5401410159 (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA MENGGUNAKAN MODEL KONVENSIONAL DENGAN GROUP INVESTIGATION DI SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Dunia pendidikan pada hakekatnya menjadi perbincangan setiap strata kehidupan manusia, pendidikan berhubungan erat dengan hasil belajar siswa bila nilai belajarnya rendah maka menjadi persoalan penting bagi pendidik dan siswa, misalnya siswa kelas X SMK ALHIKMAH Ngadipurwo Blora pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana menggunakan model pembelajaran konvensional sebagaian besar nilainya kurang dari KKM yang ditentukan sekolahan, rata-rata terdapat 45% siswa yang dapat memenuhi KKM. Peneliti bermaksud menggunakan model group investigation untuk membedakan hasil belajar pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana di kelas tersebut. Model konvensional dan model group investigation pada Mata Pembelajaran Membuat Hiasan Busana sebagai usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan konvensional dengan siswa yang diajar menggunakan group investigation pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan konvensional dengan siswa yang diajar menggunakan group investigation pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Control Group Pretest – Posttest Design dan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana di SMK AL HIKMAH Ngadipurwo Blora yang terdiri dari 1 kelas yang dibagi dua. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, diperoleh absen 18-34 sebagai kelompok 2 yang akan diberi pembelajaran dengan model konvensional selanjutnya absen 01-17 sebagai kelompok 1 yang diberi pembelajaran dengan group investigation. Data penelitian diperoleh melalui tes kognitif dan tes psikomotorik yang diberikan secara langsung kepada responden. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t diperoleh 4,864 dan ttabel=1,69. Hasil penelitian ternyata thitung lebih besar daripada ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model konvensional dengan siswa yang diajar menggunakan model group investigation pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana pokok bahasan membuat sulaman aplikasi di SMK AL- HIKMAH Ngadipurwo Blora. Saran yang dapat diambil yaitu Model group investigation dapat diterapkan pada mata pelajaran lain selain Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana. Sebaiknya pihak sekolah mengusahakan guru mempelajari tentang beberapa model pembelajaran yang lebih cocok untuk mata pelajaran tertentu, agar guru dapat menjelaskan semua teori pelajaran dengan mudah, efesien dan siswa tidak merasa bosan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Konvensional, Model Group Investigation,
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 04:15
    Last Modified: 10 Nov 2015 04:15

    Actions (login required)

    View Item