PENGARUH KELENGKAPAN SARANA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SMK NEGERI 1 BATEALIT


SittatunNi’mah , 5401410123 (2015) PENGARUH KELENGKAPAN SARANA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SMK NEGERI 1 BATEALIT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410123-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana yang memadai, baik jumlah, keadaan, maupun kelengkapannya. Jumlah yang dimaksud adalah keberadaan dan banyak sedikitnya sarana yang dimiliki. Sarana pendidikan yang dimaksud di sini adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Batealit. 2) Mengetahui kelengkapan sarana pembelajaran pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia yang ada di SMK Negeri 1 Batealit. 3) Mengetahui minat belajar siswa terhadap hasil belajar pengolahan makanan Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Batealit. 4) Mengetahui pengaruh kelengkapan sarana pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pengolahan makanan Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Batealit. 5) Mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan sarana pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pengolahan makanan Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Batealit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Tata Boga kelas XI SMK Negeri 1 Batealit sebanyak 36 siswa. Variabel yang diteliti meliputi hasil belajar sebagai variabel terikat dan kelengkapan sarana pembelajaran dan minat belajar sebagai variabel bebas. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Data diperoleh dari dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi ganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa kelengkapan sarana pembelajaran jurusan Tata Boga SMK Negeri 1 Batealit termasuk dalam kategori sangat baik (36%), kategori baik (39%), cukup baik (17%) dan dalam kategori yang kurang baik (8%). Sedangkan minat belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Batealit termasuk dalam kategori sangat baik (61%), kategori baik (36%) dan dalam kategori yang kurang baik (3%). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan antara variabel kelengkapan sarana pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar menunjukkan koefisien arah regresi signifikan, yang berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara X1 dan X2 terhadap Y. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh kelengkapan sarana pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pengolahan makanan Indonesia secara simultan sebesar 48%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Saran dari peneliti adalah agar ada penelitian lanjutan tentang faktor-faktor lain selain variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Sarana Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 08:56
Last Modified: 10 Nov 2015 08:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item