EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KONSTRUKSI POLA BUSANA PADA MAHASISWA TATA BUSANA UNNES

Hikmawati Mufidah , 5401410042 (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KONSTRUKSI POLA BUSANA PADA MAHASISWA TATA BUSANA UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Mata kuliah Konstruksi Pola Busana memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran pada prodi Tata Busana, hal ini karena konstruksi pola busana merupakan dasar dari pembuatan berbagai macam busana. Pembelajaran pada mata kuliah Konstruksi Pola Busana dirasa belum maksimal. Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan, ada beberapa masalah yang dihadapi, diantaranya ialah: (1) Mahasiswa kurang memahami proses atau langkah-langkah dalam membuat pola, (2) Media yang digunakan dalam proses pembelajaran Konstruksi Pola Busana masih terbatas pada modul dan papan tulis sehingga membuat mahasiswa kurang mandiri dalam belajar. Upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran perserta didik dalam belajar yaitu dengan menerapkan media pembelajaran berupa job sheet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas job sheet Konstruksi Pola Busana dan untuk mengetahui efektivitas Job sheet terhadap hasil belajar mata kuliah Konstruksi Pola Busana pada mahasiswa Tata Busana UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Tata Busana UNNES angkatan 2013 yang berjumlah 43 mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah sampel jenuh. Sampel tersebut dibagi atas kelompok kontrol dengan jumlah 22 mahasiswa dan kelompok eksperimen dengan jumlah 21 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi dan tes. Uji hipotesis yang digunakan ialah uji t dan uji gain ternormalisasi. Hasil perhitungan uji-t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung> ttabel (2,83>2,02), ada efektivitas penggunaan job sheet konstruksi pola busana terhadap hasil belajar mahasiswa tata busana UNNES. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas control, sehingga data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini adalah 1) Ada validitas Job sheet yang dibuktikan melalui penilaian validasi ahli media dan ahli materi, 2) Ada peningkatan terhadap hasil belajar mata kuliah Konstruksi Pola Busana pada mahasiswa Tata Busana UNNES, yang dilihat dari hasil pre test dan post test. Saran yang terkait pada penelitian ini ialah Dosen dan mahasiswa diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga interaksi belajar dapat terjalin dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Jobsheet, konstruksi pola busana, dan hasil belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 03:46
    Last Modified: 10 Nov 2015 03:46

    Actions (login required)

    View Item