EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA POKOK BAHASAN SULAMAN APLIKASI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Hanif Nurul Hidayah , 5401410039 (2015) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA POKOK BAHASAN SULAMAN APLIKASI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410039-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan model pembelajaran STAD kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 2 Boja pada pokok bahasan sulaman aplikasi, dan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas model pembelajaran STAD kelas X busana butik SMK Muhadiyah 2 Boja pada pokok bahasan sulaman aplikasi. Hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, model pembelajaran yang digunakan guru masih kurang bervariasi dilihat dari proses pembelajaran terlihat partisipasi siswa yang kurang aktif sehingga semangat dan responnya masih rendah, terbukti siswa kurang antusias, cenderung pasif, saat proses pembelajaran berlangsung. Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran STAD pada pokok bahasan sulaman aplikasi dan untuk mengetahui penerapan pelaksanaan model pembelajaran STAD kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 2 Boja pada pokok bahasan cara membuat sulaman aplikasi. Proses pembelajaran dilaksanakan selama 4 kali pertemuan pada saat mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pokok bahasan sulaman aplikasi. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMK Muhammadiyah 2 Boja sebanyak 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes teori dan tes kinerja dan metode observasi untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran sulaman aplikasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan reabilitas intrument menggunakan KR-20 dan reabilitas interrater reliability. Metode analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas, homogenitas uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain ternormalisasi. Kriteria analisis data kelas X sebelum diberi perlakuan (pre tes) adalah 63,92, sedangkan rata-rata setelah diberi perlakuan (post tes) adalah 82,32. Analisis uji gain ternomalisasi diperoleh 50 % atau dapat dikategorikan sedang. Sehingga dapat dikatakan adanya efektifitas model pembelajaran STAD pada pokok bahasan sulaman aplikasi kelas X SMK Muhamdiyah 2 Boja. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran STAD dapat dinyatakan menarik bagi siswa, dapat meningkatkan hasil belajar, dan dapat dikatakan efektif bagi siswa. Diharapkan model pembelajaran STAD dapat digunakan, dikembangkan, dan diterapkan sebagai model pembelajaran untuk mata pelajaran lain yang setara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran, Sulaman Aplikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 08:39
Last Modified: 10 Nov 2015 08:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item