EFEKTIVITAS MEDIA POWERPOINT DAN JOB SHEET PEMBUATAN POLA DRAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KOTA TEGAL


Awalia Aisyah Rizqiani, 5401410020 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA POWERPOINT DAN JOB SHEET PEMBUATAN POLA DRAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan pada materi pokok pembuatan pola dasar teknik draping masih didominasi oleh guru sehingga kurang dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian: (1) mengetahui validitas media powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa SMK Tegal; (2) mengetahui efektivitas media powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa SMK Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain Pre-test-Post- test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Busana Butik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung> ttabel, ada efektivitas penggunaan media powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji gain kelas eksperimen 0.53 dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0.26 dalam kategori rendah. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) media powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam penelitian; (2) Media powerpoint dan job sheet terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran pembuatan pola draping. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen. Perhitungan uji-gain peningkatan test kognitif pre-test dan post-test kelas eksperimen masuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol masuk dalam kategori rendah. Saran yang terkait penelitian yaitu (1) penggunaan media powerpoint dan job sheet dalam proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media powerpoint dan job sheet sebagai salah satu alternatif media dalam proses pembelajaran; (2) media pembelajaran apapun harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan jenis mata pelajaran (teori atau praktek) dan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai penelitian lanjutan berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Powerpoint, Job Sheet, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 08:33
Last Modified: 10 Nov 2015 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item