PENGGUNAAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMPROGRAMAN WEB KELAS X MULTIMEDIASMK NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


MUNAWAR ROFIQ, 1102410037 (2015) PENGGUNAAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMPROGRAMAN WEB KELAS X MULTIMEDIASMK NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410037-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran model tutor sebaya, interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru, dimana dalam pembelajaran ini memberi kebebasan kepada pembelajar untuk berfikir secara analitis, kritis, kreatif, reflektif dan produktif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan model pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Pemprograman web, dimana mata diklat pemprograman web ini merupakan mata diklat yang membutuhkan keterampilan yang saling berkaitan dengan keterampilan yang lain, serta harus didukung dengan keterampilan menganalisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web program keahlian multimedia kelas X SMK Negeri 11 Semarang. dengan subyek siswa berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X multimedia SMK Negeri 11 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes yang diperoleh dari hasil observasi, evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 73,6 dengan ketuntasan klasikal 63,89%. Siklus II dan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 86,7 dengan ketuntasan klasikal 80,56%. Simpulan dari penelitian ini adalah model tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia pada pembelajaran pemrograman web. Saran peneliti adalah sebaiknya guru menerapkan model Tutor Sebaya di dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, tutor sebaya, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 05:23
Last Modified: 10 Nov 2015 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20451

Actions (login required)

View Item View Item