EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD NEGERI WEDARIJAKSA 02
Hendra Bagus Prasetyo , 1102410036 (2014) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD NEGERI WEDARIJAKSA 02. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini tentang Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD Negeri Wedarijaksa 02. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pada pembelajaran tematik yang menggunakan kurikulum 2013 dirasa masih belum matang dalam dunia pendidikan Indonesia terutama bagi guru, oleh karena itu perlu adanya evaluasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dilihat dari aspek perncanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stake. Model ini dipilih karena peneliti ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran dari sudut perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SD N Wedarijaksa 02 dengan jumlah responden sebanyak 2 orang guru dan 49 siswa (diluar sampel penelitian). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas 4 SD N Wedarijaksa 02 adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap perencanaan pembelajaran tematik menunjukkan hasil yang tergolong baik dengan rata-rata 80,63%, persentase evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik menunjukkan hasil yang tergolong cukup dengan rata-rata 72,62%, persentase evaluasi terhadap pelaksanaan penilaian pembelajaran tematik menunjukkan hasil yang tergolong kurang dengan rata-rata 62,35%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas 4 SD N Wedarijaksa 02 tergolong cukup baik dengan rata-rata persentase 71,87%. Sebagai saran yang dapat diberikan yaitu Dalam merancang rencana pembelajaran hendaknya guru lebih teliti lagi dalam penulisan terutama dalam memperhatikan relevansi masing-masing kompetensi dasar dan indikator pembelajaran serta alokasi waktu, dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru lebih meningkatkan antusiasme peserta didik, dalam evaluasi pembelajaran hendaknya guru merencanakan dengan baik penilaian apa saja yang dapat digunakan dengan tepat dan dapat memenuhi kriteria penilaian otentik sesuai dengan standar kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, pelaksanaan, kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 05:16 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 05:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20450 |
Actions (login required)
View Item |