HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEMEJA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KANDEMAN

Fita Maulidah, 5401408045 (2014) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEMEJA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KANDEMAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3368Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil belajar membuat pola kemeja siswa yang masih banyak dibawah KKM padahal guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan mata pelajaran tata busana merupakan mata pelajaran kurikuler, oleh karena itu perlu diadakannya penelitian hubungan motivasi dengan hasil belajar membuat pola kemeja siswa kelas VIII SMPN 1 Kandeman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik baik secara simultan maupun parsial terhadap hasil belajar membuat pola kemeja kelas VIII SMPN 1 Kandeman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kandeman Kab. Batang tahun 2014 sejumlah 317 siswa terdiri dari 8 kelas, dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling diperoleh 79 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, tes, serta dokumentasi. Untuk uji validitas instrument angket menggunakan rumus korelasi product moment, teori menggunakan korelasi pearson bisareal. Uji reliabilitas instrument angket menggunakan rumus alpha, tes teori menggunakan rumus r11. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar membuat pola kemeja, ditunjukkan dengan coefficient pada correlations partial (rx1,y) 0,522 dengan KD(r²x100%)=27,25% dengan thitung sebesar 5,334 signifikansi 0,00 < 0,05. (2) Terdapat ppengaruh positif dan signifikan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar membuat pola kemeja,ditunjukkan dengan coefficient pada correlation partial (rx2,y) 0,387 dengan KD(r²x100%)=14,98%, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar intrinsic dan ekstrinsik terhadap hasil belajar membuat pola kemeja, ditunjukkan dengan coefficient correlation (Rx(1,2) y) 0,684( berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi termasuk dalam kriteria kuat) dengan KD(R²x100%)=46,7% dan 53,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini,(4) Kontribusi yang diberikan motivasi belajar intrinsik lebih besar dari motivasi belajar ekstrinsik. Saran dari hasil penelitian ini yaitu perlu meningkatkan motivasi diri supaya potensi yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal dengan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler menjahit bagi peserta didik, Guru dapat memberikan tugas individu atau kelompok untuk menambah durasi belajar siswa serta menggunakan media yang menarik perhatian siswa untuk belajar membuat pola kemeja, Melengkapi sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran membuat pola kemeja bagi pihak sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi belajar, Pola Kemeja
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 00:13
    Last Modified: 10 Nov 2015 00:13

    Actions (login required)

    View Item