PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG


Manggih Kingkin Utari, 1401411395 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411395-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

IPSadalah suatu kajian yang mempelajari tentang telaah manusia dengankehidupannya. Hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran di kelas VC SD Hj. Isriati Baiturrahman 01 Semarang menunjukkanbeberapa kendala antara lain, berbagai keterampilan guru dalam pembelajaran belum optimal, sehingga aktivitas belajar siswa kurang, dan hasil belajar siswa masih dibawah KKM (70), hanya 37% (10 dari 27 siswa) yang tuntas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Role Playing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VC SD Hj. Isriati Baiturrahman 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VC SD Hj. Isriati Baiturrahman 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC yag berjumlah 27 siswa. Variabel penelitian ini adalah model Role Playing dengan media Audio Visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh dkor 27 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 24,7 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 28,6 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor31,9 dengan kategori baik. (3) Hasil belajar pada kompetensi pengetahuan secara klasikal pada siklus I sebesar 51,6% meningkat pada siklus II menjadi 70,4% dan semakin meningkat pada siklus III menjadi 88,9%. Kompetensi sikap spiritual pada siklus I memperoleh modus 3 kategori baik, pada siklus II memperoleh modus 3 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh modus 4 kategori sangat baik. Kompetensi sikap sosial siklus I mempeoleh modus 2 kategori cukup, siklus II memperoleh modus 3 kategori baik, dan siklus III memperoleh modus 3 kategori baik. kompetensiketerampilan memperoleh skor 2,5 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 2,9 kategori baik, dan siklis III memperoleh skor 3,4 kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VC SD Hj. Isriati Baiturrahman 01 Semarang. Saran bagi guru dapat menerapkan model Role Playing dengan media Audio Visual sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Role Playing;Audio Visual; Kualitas Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:57
Last Modified: 10 Nov 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item