PENGGUNAAN TEKNIK EVALUASI NON-TES DAN HAMBATANNYA PADA PENILAIAN PEMBELAJARAN PKn SD DI DABIN IV KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES


Intan Putri Fadarwati, 1401411386 (2015) PENGGUNAAN TEKNIK EVALUASI NON-TES DAN HAMBATANNYA PADA PENILAIAN PEMBELAJARAN PKn SD DI DABIN IV KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411386-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran. PKn merupakan salah satu mata pelajaran dengan evaluasi yang menonjolkan aspek afektif pada peserta didik. Namun evaluasi aspek afektif peserta didik yang biasa dilakukan dengan teknik non-tes belum terlaksana dengan baik di SD Dabin IV Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hambatan-hambatan dalam evaluasi nontes sehingga membuat hasil penilaian tidak mencerminkan keseluruhan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknik evaluasi non-tes dan hambatan yang terjadi dalam proses pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di seluruh SD Dabin IV Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas di SD Dabin IV yang berjumlah 61 guru. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pada pendapat dari Surachmad bahwa apabila populasi cukup homogen (serba sama), terhadap populasi di bawah 100 dapat dipergunakan sampel sebesar 50%, diatas 1.000 sebesar 15%. Berdasarkan pada pedoman itulah peneliti membagi populasi menjadi dua bagian secara sama, yaitu masing-masing 50% dari total keseluruhan populasi sehingga menghasilkan 31 orang untuk sampel dan 30 orang untuk ujicoba instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis indeks untuk angket penggunaan teknik evaluasi non-tes dan analisis deskriptif persentase untuk angket hambatan pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik evaluasi non-tes pada penilaian pembelajaran PKn di SD Dabin IV Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes mencapai nilai indeks sebesar 72,05%, sedangkan untuk hambatan pelaksanaan evaluasi non-tes memperoleh nilai sebesar 25,44%. Hambatan terbesar terletak pada faktor kurangnya minat dan inisiatif guru, tepatnya pada deskriptor kurangnya minat guru dalam penilaian sikap dengan nilai persentase sebesar 64,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik evaluasi non-tes pada penilaian pembelajaran PKn SD di Dabin IV Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk hambatan pelaksanaan evaluasi non-tes masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Non-tes; Penilaian Pembelajaran; PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:50
Last Modified: 10 Nov 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item