PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMP NEGERI 1 LASEM DAN SMP NEGERI 1 SEDAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013


Ulfa Maghfiroh, 3301411151 (2015) PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMP NEGERI 1 LASEM DAN SMP NEGERI 1 SEDAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411151-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan komponen yang berperan penting dalam menentukan kualitas potensi diri peserta didik. Kurikulum 2013 menekankan pada karakter peserta didik dan kompetensi yang dimiliki setelah lulus dalam menghadapi globalisasi. Kurikulum 2013 menerapkan 3 penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Perbedaan penilaian kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya menarik peneliti untuk melaksanakan penelitian mengenai pelaksanaan penilaian pembelajaran mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan berdasarkan kurikulum 2013; (2) mengetahui hambatan yang di peroleh dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Triangulasi adalah teknik yang digunakan untuk menguji objektivitas dan keabsahan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Lasem dan di SMP Negeri 1 Sedan belum terlaksana sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013, karena pemahaman guru dalam penilaian kurikulum 2013 masih minim; (2) aspek penilaian yang belum terlaksana dengan baik adalah penilaian sikap dan penilaian portofolio; (3) hambatan yang ditemui adalah penilaian berdasarkan kurikulum belum dipahami guru secara utuh serta guru belum terampil dalam membuat rubrik penilaian dan mengolah hasil penilaian. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut: bagi guru, dalam membuat perencanaan penilaian dilengkapi dengan teknik dan instrumen penilaian yang akan digunakan. Pelaksanaan penilaian mencakup seluruh aspek penilaian dalam kurikulum 2013 dan laporan hasil penilaian ditulis berdasarkan pelaksanaan penilaian. Guru perlu mendapatkan pelatihan agar pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dapat terlaksana baik sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian pembelajaran, Mata Pelajaran PPKn, Kurikulum 2013.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:38
Last Modified: 10 Nov 2015 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item