RANCANG BANGUN ALAT UJI EMISI PORTABEL GAS CO, NOx, DAN HC PADA KENDARAAN BERMOTOR


Wahyu Hidayat, 5311311011 (2015) RANCANG BANGUN ALAT UJI EMISI PORTABEL GAS CO, NOx, DAN HC PADA KENDARAAN BERMOTOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5311311011-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayat, Wahyu, 2015. “Rancang Bangun Alat Uji Emisi Portabel Gas CO, NOx, dan HC”. Program Studi Teknik Elektro D3, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Ir. Ulfa Mediati Arief,M.T Emisi gas buang kendaraan adalah sisa hasil pembakaan bahan bakar dalam pembakaran mesin kendaraan bermotor. Mikrokontroler ATMega 16 merupakan IC yang dapat deprogram berulang kali dalam hal ini digunakan sebagai pengontrolan otomatis pada alat uji emisi portable. Dalam upaya menekan tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, dan menanggapi upaya pemerintah yang telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi. Dalam hal ini, tidak semua pemilik kendaraan bermotor memiliki kesadaran yang tinggi untuk merawat kendaraan mereka. Hal ini disebabkan enggan untuk mengeluarkan biaya perawatan yang mahal, dan untuk melakukan uji emisi pun masih menemui banyak kendala. Karena masih sedikitnya alat uji emisi yang tersedia dan juga biaya yang dikeluarkan untuk uji emisi juga cukup mahal. Berdasarkan permasalahan tersebut,maka pada tugas akhir ini bertujuan membuat rancang bangun alat uji emisi portabel untuk memudahkan pengukuran emisi gas CO, NOx, dan HC pada gas buang kendaraan bermotor. Tahapan dari pembuatan alat uji emisi portabel ini yaitu melakukan studi literatur dengan melakukan kajian bersdasarkan data yang relevan dari berbagai sumber yang ada, pembuatan alat uji emisi portabel, serta observasi di lapangan untuk melakukan kalibrasi dan pengujian alat. Hasil uji emisi portabel, untuk mobil Daihatsu Grand MAX, gas CO 0.42%, NOx 1.09Ppm dan HC 109Ppm. Dan untuk Daihatsu Xenia, gas CO 0.08%, NOx 1.01Ppm, dan HC 21.98Ppm. Sedangkan hasil uji emisi dengan Gas Analiser milik Daihatsu, mobil Daihatsu Grand MAX, gas CO 0.43%, NOx 1.092Ppm dan HC 119Pm dan untuk Daihatsu Xenia gas CO 0.07%, NOx 1.007Ppm, dan HC 22Ppm. Sehingga alat ini memiliki rata-rata tingkat error gas CO sebesar 8,3%, gas NOx sebesar 0,325%, dan gas HC sebesar 4,245%.Berdasarkan hasil data tersebut, pengujian alat uji emisi portabel untuk beberapa tipe kendaraan menunjukan tingkat presentase error yang tidak begitu besar, lebih efisien, dan sederhana apabila dibandingkan dengan alat uji emisi yang dimilki oleh bengkel Daihatsu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Emisi, Alat Uji
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro, D3
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:35
Last Modified: 10 Nov 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item