PERBAIKAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MENGGUNAKAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS XII SMK ISLAM

Andika Abi Hirzan , 5302410177 (2015) PERBAIKAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MENGGUNAKAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS XII SMK ISLAM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2324Kb)

    Abstract

    Pembelajaran yang baik selalu memperhatikan unsur–unsur didalamnya, seperti sistem pembelajaran dan metode yang digunakan. Selama ini kegiatan pembelajaran yang ada di SMK Islam Jepara khususnya pada kelas XII Multimedia-2 untuk mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran masih didominasi oleh guru. Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran juga tampak kurang, akibatnya siswa kurang memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru. Data yang didapat ketika diadakan ulangan harian nilai antara teori dan praktek tidak berimbang jika dilihat dari tingkat ketuntasannya. Pada hasil ulangan harian teori yang pertama yang telah dilaksanakan dari 31 siswa terdapat 11 siswa tuntas, 20 siswa belum tuntas, presentase ketuntasan 35,5%. Sedangkan untuk ulangan praktek 24 siswa tuntas, 7 siswa belum tuntas, presentase ketuntasan 77,4%. Sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran pada KKPI. Dengan latar belakang tersebut maka peneliti mengambil topik skripsi perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran KKPI menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perubahan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran KKPI, dan apakah ada perubahan peningkatan hasil belajar siswa dan tingkat ketuntasannya terutama dalam hal pemahaman teori setelah dilakukannya perbaikan pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui adanya perubahan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran KKPI di dalam kelas, dan mengetahui adanya perubahan peningkatan hasil belajar siswa dan tingkat ketuntasannya terutama dalam hal pemahaman teori setelah dilakukannya perbaikan pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XII Multimedia 2 SMK Islam Jepara. Didapatkan hasil perubahan rata-rata nilai siswa dalam pembelajaran KKPI dari yang awalnya hanya sebesar 69,0 menjadi 83,7. Prosentase ketuntasan belajar siswa dari sebelumnya 35,5% menjadi 90,32%. Peningkatan motivasi siswa yang sebelumnya sebesar 76,61% menjadi 82,20% dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode SQ3R memberikan perubahan pada pembelajaran KKPI khususnya dalam penguasaan teori. Peneliti menyarankan supaya metode SQ3R ini dapat diterapkan di sekolah dengan persiapan yang lebih matang lagi, sebagai perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman, hasil belajar, dan motivasi siswa terutama dalam penguasaan teori mata pelajaran KKPI.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran, metode SQ3R, hasil belajar, motivasi belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 09 Nov 2015 23:26
    Last Modified: 09 Nov 2015 23:26

    Actions (login required)

    View Item