PENERAPAN TRI WAWASAN (WAWASAN KEJUANGAN, WAWASAN KEBANGSAAN DAN WAWASAN KEBUDAYAAN) SEBAGAI PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMA TARUNA NUSANTARA KABUPATEN MAGELANG


Linda Lusi Rani, 3301411147 (2015) PENERAPAN TRI WAWASAN (WAWASAN KEJUANGAN, WAWASAN KEBANGSAAN DAN WAWASAN KEBUDAYAAN) SEBAGAI PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMA TARUNA NUSANTARA KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411147-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beban beratLembaga pendidikan dan lembaga sosial lainnya di Indonesia dalam menghadapi lemahnya nilai rasa kebangsaan, pengaruh globalisasi dan berbagai faktor eksternal telah masuk ke dalam institusi pendidikan. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, SMA Taruna Nusantara menerapkan Tri Wawasan melalui mata pelajaran dan mata kegiatan yang ada di dalam kurikulum khusus. Mata pelajaran meliputi; mata pelajaran kenusantaraan, pendidikan bela negara, dan kepemimpinan, sedangkan pada mata kegiatan meliputi: mata kegiatan rutin terjadwal, terprogram, terproyek, dan kreatif mandiri.penelitian ini, peneliti fokus pada keempat mata pelajaran kurikulum khusus yang ada di SMA Taruna Nusantara.Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan Tri Wawasan sebagai pembelajaran karakter di SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang, 2) mengetahui faktor pendukung dan kendala yang dihadapi pendidik menerapkan Tri Wawasan sebagai pembelajaran karakter di SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMA Taruna Nusantara. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Teknik analisis data secara intraktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan Tri Wawasan sebagai pembelajaran karakter siswa SMA Taruna Nusantara dengan menggunakan kurikulum khusus dan kurikulum umum. Kurikulum khusus memuat mata pelajaran kenusantaraan, kepemimpinan, kewirausahaan, dan bela negara. penerapan Tri Wawasan terintegrasi pada keempat mata pelajaran tersebut; 2)Faktor pendukung penerapan Tri Wawasan sebagai pembelajaran di SMA Taruna Nusantara yaitu sarana dan prasarana, lokasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sistem pendidikan, birokrasi, masyarakat, dan orang tua; dan Kendala dalam penerapan Tri Wawasan sebagai pembelajaran karakter yaitu siswa yang beragam, berbeda, masih ada siswa yang kurang membuka diri, dan masih ada bawaan dari sukunya. Saran dari penelitian ini yaitu: 1) Kepada pendidik dan tenaga kependidikan SMA Taruna Nusantara perlu memotivasi yang tinggi serta kreativitas dalam mengemas pembelajaran agar menarik; dan 2) Kepada pendidik, supaya dapat meminimalisir hambatan pada proses bembelajaran di kelas, guru dapat menyelingi dengan bernyanyi misalnya lagu-lagu daerah Indonesia, menggunakan model-model pembelajaran yang lain agar proses pembelajaran lebih bervariasi dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tri Wawasan (Wawasan Kejuangan, Wawasan Kebangsaan dan Wawasan Kebudayaan), Pembelajaran Karakter.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:28
Last Modified: 10 Nov 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20435

Actions (login required)

View Item View Item