PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA VIDEO DI SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG

ARIQIYATI, 1401411385 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA VIDEO DI SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3924Kb)

    Abstract

    Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, makadiperlukan sebuah inovasi yang baru dalam dunia pendidikan untuk menciptakan generasi penerus yang mampu menjawab tantangan global,untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya system pendidikan dan proses pembelajaran yang baik. Peran guru sebagai pengembang kurikulum di lembaga pendidikan masing-masing sangat penting karenadengan bekal kemampuan dan inovasi guru dalammengelolakelas yang dimiliki akan meningkatkan terlaksananya proses pembelajaran yang aktif. Pembelajaran IPS berusaha membantu siswadalam memecahkan permasalahan yang dihadapi, sehingga akan menjadikannya semakin mengerti dan memahami lingkungan sosial masyarakatnya.Berdasarkan observasi awal di SDN Tambakaji 04 Kota Semarang,ditemukan adanya permasalahan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada pembelajaran IPS media yang digunakan belum menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang fokus dalam pembelajaran, dan lebih asyik bercanda sendiri yang berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah model Teams Games Tournament dengan media video dapat meningkatkan kualitas Pembelajaran di SD, peningkatan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SD melalui model teams games tournament dengan media video pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini mengimplementasikan dengan pendekatan scentific pada mata pelajaran IPS.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode tes dan non test yang meliputi observasi, catatan lapanagan dan dokumentasi yang menerapkan model teams games tournament dengan media video pada kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh kriteria baik,siklus II memperoleh kriteria baik,siklus III memperoleh kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria baik,siklus III memperoleh kriteria sangatbaik; (3) hasil belajar siswa siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II kriteria baik, dan siklus III kriteria sangat baik Simpulan penelitian ini adalah melalui model teams games tournament dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran dari peneliti adalah model teams games tournament dengan media video dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada muatan pelajaran IPS kelas lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IPS; Kualitas Pembelajaran; Teams Games Tournament; Video
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 23:38
    Last Modified: 09 Nov 2015 23:38

    Actions (login required)

    View Item