MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM 2013 DI SMK ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Materi Pokok Topologi Jaringan Komputer di SMK NU Ungaran Bidang Keahlian TIK Kelas X )

Reza Inas Setia Rachman, 5302410145 (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM 2013 DI SMK ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Materi Pokok Topologi Jaringan Komputer di SMK NU Ungaran Bidang Keahlian TIK Kelas X ). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK NU Ungaran materi pokok topologi jaringan Komputer merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas X, terlihat dari sebagian besar siswa yang belum mencapai KKM (75). Ini disebabkan sebagaian siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran serta kurang tertariknya terhadap materi maupun media yang digunakan. Dari kesimpulan ini didapat penyebab utama yaitu keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif, menguji kelayakan dan mengujicobakan media pembelajaran interaktif materi pokok topologi jaringan Komputer. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan diujicobakan menggunakan Quasi Eexperimental Design dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, sampai dihasilkan produk final. Uji coba dilakukan pada dua kelas X SMK NU Ungaran yang dipilih secara acak yaitu kelas X7 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis penilaian kelayakan pakar media dan pakar materi serta hasil uji coba pada siswa menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil belajar dari hasil analisis uji kesamaan rata-rata akhir yang menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) , diperoleh bahwa pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata kelas 72.71429. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas 63.28571. Dari hasil analisis diperoleh bahwa

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Topologi Jaringan Komputer, Peningkatan Prestasi Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 09 Nov 2015 23:09
    Last Modified: 09 Nov 2015 23:09

    Actions (login required)

    View Item