PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KRIDA MANDALA KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS


Destia Rinta Cahayani, 1401411378 (2015) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KRIDA MANDALA KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411378-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi Belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu penguatan verbal yang diberikan guru dalam pembelajaran. Perbedaan penguatan verbal yang diberikan oleh guru kemudian memunculkan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda pula, seperti halnya motivasi belajar siswa di SD Negeri se-Gugus Krida Mandala Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Krida Mandala Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Metode dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri seGugus Krida Mandala yang berjumlah 224 siswa, tetapi karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga, maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 139 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk pemberian penguatan verbal dan motivasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H a diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa, (2) hasil R sebesar 0,442 yang artinya terjadi hubungan yang sedang antara pemberian penguatan verbal dan motivasi belajar siswa, (3) koefisien determinasi (R 2 ) 0,195 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 19,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 19,5% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemberian penguatan verbal guru, sedangkan 80,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka guru hendaknya memberikan penguatan verbal kepada siswa dengan baik sesuai dengan prinsip dan cara pemberian penguatan verbal, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, pemberian penguatan verbal. Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dim
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:05
Last Modified: 10 Nov 2015 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item