PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK 11 SEMARANG


Muh. Rahhal Nazzala , 1102410029 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410029-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran sistem komputer siswa kelas XI jurusan Multimedia di SMK Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 11 Semarang dengan populasi siswa kelas XI Multimedia . Sampel penelitian yang di ambil dengan menggunakan teknik proporsinal random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Penggunaan internet sebagai sumber belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik regresi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penggunaan internet sebagai sumber belajar dalam kategori baik sedangkan hasil belajar siswa dalam kategori sangat memuaskan. Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung = 12,444 dengan signifikansi 0,002. Sedangkan untuk Ftabel = 4.242 dengan signifikansi 0,05. Dengan begitu Fhitung>Ftabel dan signifikansi 0,002<0,05 Jadi dapat diputuskan bahwa ada pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan Multimedia di SMK Negeri 11 Semarang. Saran yang dapat diajukan terkait hasil penelitian ini, yaitu: 1) Perlunya peningkatan frekuensi dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar, dan akhirnya akan diperoleh wawasan yang luas dan hasil belajar yang optimal, 2) Pihak guru, hendaknya memberikan penugasan-penugasan yang menuntut siswa mencari informasi melalui internet, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya, dan 3) Pihak Sekolah dapat memberikan fasilitas internet secara gratis melalui membangun jaringan hotspot yang merata, sehingga siswa dapat dengan mudah memanfaatkan internet dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet; Sumber Belajar; Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 05:07
Last Modified: 10 Nov 2015 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item